KOLAKA UTARA – Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara (Kolut), Sukanto Toding melakukan kunjungan di Desa Babusalam, Kecamatan Lasusua, pada Rabu (15/5/2024).

Dalam kunjungannya itu, Pj Bupati Kolut berdialog langsung dengan para petani dan pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Babusalam. Penduduk desa ini mayoritas berasal dari Bantaeng, Sulawesi Selatan, dan kini menetap serta menjadi warga Kolaka Utara.

Pasalnya, Desa Babusalam dikenal sebagai desa yang terletak di puncak gunung dengan tanah yang subur. Lokasi yang strategis ini sangat cocok untuk penanaman sayuran yang dapat menunjang kebutuhan ekonomi masyarakat serta memenuhi kebutuhan sayur di Bumi Patowanua.

“Desa Babusalam ini ada di atas pegunungan dan sangat dingin, sangat bagus untuk kembali ditanami tanaman sayuran,” ujarnya, dikutip dari kolutkab.go.id.

Dalam kesempatan tersebut, Sukanto Toding juga menekankan pentingnya peran BUMDES dalam mengelola potensi desa. Menurutnya, dengan pengelolaan yang baik, BUMDES dapat menjadi motor penggerak ekonomi desa yang berbasis pada potensi lokal.

Oleh karena itu, ia berharap agar para pengurus BUMDES mampu menggali dan memaksimalkan segala sumber daya yang ada untuk kesejahteraan masyarakat.

“Potensi tanah yang subur di Babusalam harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Kami ingin BUMDES berperan aktif dalam mengembangkan sektor pertanian di sini, sehingga bisa memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi warga,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Babusalam, Udin menuturkan dibalik potensi desa yang dipimpinnya itu terdapat kendala yang saat ini dihadapi oleh para petani, khususnya di sektor pemasaran. Para petani menyampaikan bahwa mereka kesulitan dalam memasarkan hasil pertanian mereka.

“Kami sudah menghasilkan sayuran berkualitas, tetapi tantangannya adalah bagaimana memasarkan hasil panen ini agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas,” katanya.

Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan semangat baru bagi masyarakat Desa Babusalam untuk terus mengembangkan pertanian sayuran yang menjadi andalan mereka. Dengan dukungan pemerintah dan pengelolaan yang baik dari BUMDES, serta solusi atas kendala pemasaran, Desa Babusalam diharapkan dapat menjadi contoh sukses pengelolaan potensi desa di wilayah Kolaka Utara.

**