KOLAKA UTARA – Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Kolaka Utara (Kolut) telah melaksanakan inspeksi mendadak (Sidak) di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), guna memastikan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) serta mencegah terjadinya kecurangan di tengah masyarakat jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M.

Pada Selasa (2/4/2024), Tim Sat Reskrim Polres Kolut melakukan Sidak di SPBU yang berlokasi di Desa Watuliwu, Kecamatan Lasusua. Dalam sidak tersebut, tidak ditemukan indikasi dugaan tindak pidana ataupun kecurangan yang dilakukan oleh pihak SPBU.

Kasat Reskrim Polres Kolut, IPTU Tommy Subardi Putra menjelaskan bahwa hasil Sidak menunjukkan bahwa stok BBM di SPBU Watuliwu masih cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama perayaan Idul Fitri.

“Pihak SPBU juga menyatakan bahwa pelayanan kepada masyarakat berjalan dengan baik,” katanya.

Meskipun demikian, pihaknya mengingatkan kepada pemilik SPBU dan masyarakat untuk tetap menjaga ketersediaan stok BBM serta tidak melayani pihak yang menyalahgunakan BBM bersubsidi selama periode libur Idul Fitri.

Hal tersebut dilakukan sebagai respons terhadap kekhawatiran akan praktik kecurangan dan tindak pidana di sektor SPBU yang dapat mengganggu ketersediaan dan distribusi BBM menjelang lebaran.

“Melalui sidak dan pemantauan data stok BBM secara intensif, diharapkan dapat ditemukan dan diatasi potensi pelanggaran serta penyimpangan yang terjadi. Langkah-langkah ini diambil guna memastikan kelancaran distribusi BBM serta memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat menjelang dan selama perayaan Idul Fitri,” pungkas Kasat Reskrim Polres Kolut.

**