KOLAKA UTARA – Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara (Kolut) Sukanto Toding melakukan kunjungan ke lokasi banjir yang melanda Dusun Ulukalo, Desa Watuliu, Kecamatan Lasusua pada Selasa (13/2/2024).

Banjir tersebut terjadi akibat hujan deras yang mengguyur Bumi Patowanua pada Senin (12/2) sekitar pukul 17.00 WITA yang mengakibatkan kerusakan pada pemukiman warga dan sejumlah fasilitas umum.

Pasalnya, 5 rumah rusak berat, 30 lainnya rusak sedang, dan 30 lagi mengalami kerusakan ringan. Selanjutnya, 2 jembatan hancur, jalan terputus sepanjang 50 meter, dan dua instalasi PDAM lumpuh. Sementara di Desa Batuganda satu jembatan runtuh dan empat rumah warga rusak.

“Seluruh jajaran pemerintah daerah Kabupaten Kolaka Utara melakukan langkah-langkah penanganan banjir dengan membantu warga melakukan pembersihan,” kata Sukato, dikutip dari kolutkab.go.id.

Alat berat sudah dikerahkan dari pengusaha dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Kolaka Utara untuk mengembalikan normalitas sungai dan mencegah banjir susulan.

“Kami dan seluruh tim pemerintah Kolaka Utara langsung bergerak membantu warga membersihkan,” ungkap Pj Bupati Kolaka Utara, sambil menegaskan komitmennya dalam menangani dampak banjir di Desa Watuliu.

Dalam penanganan banjir tersebut, Pemda Kolaka Utara bersama masyarakat, PMI, para siswa, TNI, dan Polri turut serta membantu masyarakat melakukan pembersihan, menunjukkan semangat gotong royong dan solidaritas yang kuat dalam menghadapi bencana alam.

**