KOLAKA UTARA – Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara (Kolut) Sukanto Toding mendorong partisipasi masyarakat dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Kabupaten Kolut tahun 2025-2045.

Hal itu disampaikan Pj Bupati Kolut saat membuka forum konsultasi publik untuk rancangan awal RPJP Kolut 2025-2045, pada Senin (12/2/2024).

Sukanto menyatakan bahwa forum konsultasi publik ini sangat penting sebagai dokumen arah pembangunan daerah, yang akan menjadi acuan utama dalam menyusun RPJMD.

Menurutnya, partisipasi dan masukan dari berbagai pihak, termasuk masyarakat, organisasi, dan stakeholder, sangat berharga dalam merumuskan rencana pembangunan yang lebih baik, maju, dan berkelanjutan.

“Forum ini merupakan implementasi prinsip pemerintahan yang terbuka dan partisipatif, di mana aspirasi masyarakat menjadi pijakan utama dalam merumuskan kebijakan,” ucapnya, dikutip dari kolutkab.go.id.

Dia juga menyampaikan penghargaannya atas partisipasi semua pihak dalam proses penyusunan dokumen strategis daerah, termasuk dokumen RPJPD yang memiliki jangka waktu 20 tahun ke depan.

“Forum ini sebagai kesempatan untuk berdialog, berbagi gagasan, dan merumuskan langkah-langkah strategis dengan partisipasi aktif dan konstruktif dari masyarakat. Hal ini diharapkan dapat menciptakan rencana pembangunan jangka panjang yang lebih responsif dan inklusif,” jelasnya.

Sukanto optimis bahwa melalui kerjasama semua pihak, Kabupaten Kolaka Utara dapat merancang rencana pembangunan yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat serta menjadikan daerah tersebut mandiri, maju, dan berkelanjutan pada tahun 2025.

“Partisipasi dan masukan dari berbagai pihak, termasuk masyarakat, organisasi, dan stakeholder, sangatlah berharga untuk merumuskan rencana pembangunan kita yang lebih baik, maju, dan berkelanjutan,” tutupnya.

**