KOLAKA UTARA – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) melayani kurang lebih 532 administrasi kependudukan (admindu) selama libur Isra Miraj dan Imlek tahun 2024.

Langkah ini diambil sebagai tindak lanjut atas instruksi Surat Mendagri Nomor: 400.8.1.2/1615/Dukcapil, yang menekankan pentingnya pelayanan Dukcapil selama hari libur dan pelaksanaan Pemilu 2024.

Kepala Dinas (Kadis) Capil Kolut Buhari menegaskan komitmennya hadir dengan Inovasi La Oftamu Kantor (Inovasi Layanan Adminduk Offline/Tatap Muka di Kantor untuk memberikan pelayanan adminduk dengan penuh dedikasi.

“Kami buka setiap hari termasuk di tengah-tengah libur nasional, kecuali hari raya Idul Fitri dan Idul Adha serta Tahun Baru Masehi. Ada atau tidak ada instruksi, kami tetap buka pelayanan adminduk setiap hari,” ucapnya dikutip dari kolutkab.go.id, Minggu (11/2/2024).

Dia menyebut bahwa antusiasme luar biasa masyarakat terhadap pengurusan dokumen adminduk menjadi bukti nyata keberhasilan layanan dihari libur nasional.

Jenis dokumen yang diurus masyarakat mulai dari rekam KTP EL hingga cetak KTP EL, aktivasi IKD/KTP Digital, KIA, hingga penerbitan akta kelahiran dan kematian.

“Rata-rata 133 dokumen adminduk yang berhasil diproses setiap harinya. Rekam KTP EL dengan jumlah 49 jiwa dan cetak KTP EL sebanyak 193 keping,” jelasnya.

Pelayanan mencakup rekam KTP EL untuk 49 jiwa dan cetak KTP EL sebanyak 193 keping. Selain itu, aktivasi IKD/KTP Digital dilakukan untuk 28 IKD, sementara penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) mencapai 133 keping.

Proses administrasi lainnya termasuk penerbitan biodata WNI (9 jiwa), penerbitan Kartu Keluarga 12 dokumen, serta penerbitan akta kelahiran 12 dokumen dan kematian 4 dokumen. Sertifikasi Kartu Keluarga dilakukan sebanyak 63 dokumen, sertifikasi kelahiran sebanyak 19 dokumen, dan sertifikasi kematian sebanyak 4 dokumen.

Selain itu, 5 dokumen sertifikasi perpindahan juga berhasil diselesaikan, bersama dengan 5 orang yang melakukan pindah keluar, dan 16 orang yang datang ke Kolaka Utara.

“Dukcapil Kolaka Utara siap melangkah  untuk memberikan pelayanan terbaik kepada warga Kolaka Utara,” kata Buhari.

Ia menambahkan, upaya Dukcapil Kolut dalam memberikan pelayanan Adminduk selama libur nasional menjadi bukti nyata komitmen terhadap kebutuhan masyarakat.

“Langkah ini tidak hanya memperlihatkan kesiapan instansi pemerintah dalam menghadapi situasi, tetapi juga menunjukkan dedikasi untuk memberikan pelayanan yang berkualitas dan terpercaya kepada seluruh warga Kolaka Utara,” pungkas Kadis.

**