KOLAKA UTARA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Utara (Kolut) menggandeng Ikatan Motor Indonesia (IMI) mengelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) Road Race Putaran 5 IMI Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Sabtu (16/9/2023).

Bertempat Sirkuit Sapoelidi, Kecamatan Lasusua, kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding yang disaksikan oleh Ketua IMI Kolaka Utara, Fathullah Hasyim, wakil ketua DPRD Kolaka Utara (Kolut) Agusdin, dan Ketua Koni Kolut Mukramin.

Sukanto menjelaskan kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari yakni 16 hingga 17 September 2023, dengan jumlah peserta sebanyak 210 starter.

“Untuk jumlah peserta sebanyak 210 yang mengikuti ajang balap ini, dari berbagai daerah yakni ada dari Sulteng, Sulses, Jawa Kalimantan dan Sultra dengan total hadiah sebanyak Rp100 juta. Untuk juara umum itu mendapatkan 1 unit sepeda motor,” ungkap Sukanto dalam sambutannya.

Dijelaskannya, kegiatan tersebut untuk menghibur masyarakat karena selama ini kegiatan besar khususnya balap motor jarang diadakan di Kabupaten Kolut.

Selain itu, lanjut dia, kegiatan ini juga ini juga memiliki potensi untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi daerah dengan menarik banyak pengunjung ke Kolaka Utara.

“Saya juga memberikan dukungan penuh untuk memperkuat Sirkuit Sapoelidi agar dapat kembali menjadi tuan rumah dalam kompetisi Kejurda atau Kejurnas,” bebernya.

Dia juga berharap, Kejurda Road Race seperti ini dapat di laksanakan secara berkesinambungan dan diikuti para racer secara luas untuk mencari bibit racer yang handal untuk dapat berkompetisi pada event-event atau kegiatan sejenis yang lebih tinggi.

“Kegiatan seperti ini juga memberikan kesan dan pengalaman yang berharga bagi kita semua baik peserta panitia dan masyarakat. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan tertip, aman dan lancar,” pungkasnya.

**