KOLAKA UTARA – Pejabat (Pj) Bupati Kolaka Utara (Kolut), Parinringi secara simbolis menyerahkan tujuh unit rumah layak huni bagi korban bencana longsor di Dusun III, Desa Batu Ganda, Kecamatan Lasusua, Kamis (27/7/2023).

Penyerahan bantuan rumah layak huni dari Pemda Kolut ini disaksikan anggota DPRD, Kepala OPD dan masyarakat yang sempat hadir di tempat.

Dana pembangunan rumah layak huni tersebut bersumber dari biaya tak terduga (BTT) sebesar Rp200 juta.

Kekurangan dana didanai melalui pribadi Pj Bupati Kolut, juga ada dari Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat dan Kepala Desa (Kades) Batuganda.

Pj Bupati Kolut menyampaikan apresiasi dan kepedualian OPD dan dinas terkait yang telah menyerahkan bantuan dana pembangunan rumah sehingga realisasi dapat berjalan lancar.

“Dengan adanya pembangunan rumah tersebut, diharapkan korban bencana dapat kembali menjalani kehidupan normal dan pulih dari dampak yang mereka alami,” kata Parinringi dikutip dari laman Diskominfo Kolaka Utara.

Menurutnya, kegiatan ini bisa dijadikan percontohan. Agar ke depannya kalau jika kembali terjadi bencana, tidak harus menunggu penganggaran dari APBD.

Diketahui, bantuan rumah diberikan kepada 7 kepala keluarga yang rumahnya tertimpa tanah longsor pada April 2023 lalu.

Adapun desain rumah tersebut berukuran 5×8 meter persegi.

**