KOLAKA TIMUR – Upaya mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kolaka Timur (Koltim) terus menunjukkan tren positif. Mulai dari pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), promosi hingga penguatan komunitas UMKM terus dilakukan.

Terbaru, sebanyak sebelas Forum UMKM Kecamatan telah dibentuk melalui musyawarah yang melibatkan 74 pelaku UMKM perwakilan dari masing-masing kecamatan, pada Jumat (16/2/2024).

Musyawarah tersebut dilaksanakan setelah para pelaku UMKM mengikuti kegiatan sosialisasi perizinan berusaha oleh Dinas PTSP Koltim.

Saat menghadiri musyawarah tersebut, Sekda Koltim, Andi Iqbal Tongasa mengungkapkan bahwa pemerintah terus mendukung upaya Forum UMKM Kolaka Timur dalam berbagai hal, termasuk memperluas jangkauannya di tingkat kecamatan.

“Kita sudah melihat bahwa UMKM kita berkembang sangat baik, bahkan menjadi contoh bagi daerah lain. Dengan adanya Forum UMKM Kecamatan, kita optimis akan jauh lebih baik kedepan,” ucapnya, dikutip dari laman facebook Pemkab Koltim.

Sementara itu, Ketua Forum UMKM Koltim, Hasrul menyebutkan bahwa saat ini baru sebelas kecamatan yang sudah dibentuk kepengurusannya, tersisa Kecamataan Ueesi yang akan dibentuk.

“Alhamdulillah, sebelas kecamatan sudah terbentuk melalui mekanisme pemilihan langsung dan juga ada yang aklamasi, kecuali Ueesi memang kami masih menjajaki,” ungkap Hasrul.

Rencananya, pengurus yang terbentuk ini akan dilantik pada Bulan Maret mendatang bersamaan dengan kegiatan Koltim Ramadhan Eco Festival (KREF) di Lapangan Nur Latamoro Raterate.

Musyawarah pembentukan kepengurusan Forum UMKM Kecamatan ini dipimpin oleh Hasrul selaku ketua, Agung DL Sauala selaku sekretaris dan Irawati Rustam selaku bendahara.

**