HaloSultra.com – Olahraga yang bikin tinggi bisa melatih tulang agar tetap sehat dan kuat. Selain itu, olahraga ini juga bisa memperbaiki postur tubuh agar lebih tegap. Hal ini bisa membuat tubuh tampak lebih tinggi.

Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Hal yang paling menentukan tinggi badan adalah faktor genetik. Selain itu, hormon pertumbuhan dan asupan nutrisi juga bisa memengaruhi tinggi badan.

Peningkatan tinggi badan seseorang biasanya terjadi sampai usia 18–20 tahun. Soalnya, sampai usia tersebut, lempeng epifisis yang berada di ujung tulang panjang terbuka. Hal ini memungkinkan tulang untuk memanjang dan tubuh jadi tambah tinggi.

Dilansir dari Alodokter, berikut ini sejumlah olahraga yang bikin tinggi badan bertambah, yaitu:

  • Jogging

Jogging atau lari santai adalah olahraga yang bikin tinggi dan mudah dilakukan. Olahraga ini bisa memperkuat tulang dengan membuatnya terbiasa bergerak dan menopang berat tubuh. Dengan tulang yang kuat, kamu bisa saja jadi lebih tinggi.

  • Lompat Tali

Lompat tali atau skipping termasuk salah satu olahraga yang cukup mudah dilakukan. Oahraga yang satu ini tidak hanya bisa memperkuat tulang, tetapi juga otot. Dengan begitu, kamu bisa memaksimalkan tinggi badan.

  • Bulu Tangkis

Mau melakukan olahraga yang bikin tinggi bersama teman atau kerabat? Kamu bisa coba bermain bulu tangkis, lho. Olahraga yang satu ini melatih tulang menahan beban tubuh sehingga membuatnya makin kuat. Jadi, olahraga ini berpotensi membuatmu tampak makin tinggi.

  • Basket

Basket adalah salah satu jenis olahraga yang sering direkomendasikan untuk kamu yang ingin jadi tambah tinggi. Namun, olahraga ini nyatanya tidak bisa benar-benar menambah tinggi badan secara signifikan.

Meski begitu, main basket bisa memperkuat tulang dan meningkatkan kepadatan mineral di dalamnya. Dengan begitu, tinggi badan bisa saja meningkat.

  • Berenang

Salah satu olahraga yang bikin tinggi dan menyenangkan untuk dilakukan adalah berenang. Jenis olahraga ini memanfaatkan air untuk melatih tulang dan otot agar makin kuat sehingga keduanya tetap sehat dan meningkatkan potensi kamu untuk jadi makin tinggi.

  • Yoga

Penelitian yang menyebutkan bahwa yoga bisa menjaga kadar kalsium dalam tulang. Selain itu, yoga juga melatih otot di seluruh tubuh agar posturmu jadi tegap. Kedua hal ini bisa membuat tulangmu jadi kuat dan kamu bisa saja terlihat lebih tinggi.

Perlu diingat, konsep olahraga yang bikin tinggi hanyalah membantu memaksimalkan tinggi badan. Olahraga tidak bisa meningkatkan tinggi badan secara signifikan, terutama bagi orang dewasa yang berusia di atas 20 tahun.

**