HaloSultra.com – Manfaat bawang putih tunggal tidak kalah beragam dari bawang putih majemuk. Bawang putih tunggal mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari mencegah infeksi bakteri bahkan menurunkan risiko terjadinya kanker.

Dilansir dari Alodokter, berikut beberapa manfaat bawang putih tunggal yang bisa Anda dapatkan antara lain:

  • Mencegah infeksi bakteri

Bawang putih tunggal telah lama digunakan sebagai obat herbal untuk mencegah dan mengatasi infeksi bakteri di dalam tubuh.

Khasiat ini tidak lepas dari kandungan acillin yang memiliki sifat antibakteri sehingga mampu melawan berbagai bakteri penyebab infeksi, misalnya bakteri Pseudomonas aeruginosa dan Escherichia coli.

  • Meningkatkan kesuburan pria

Penelitian yang dilakukan pada hewan percobaan menunjukkan bahwa bawang putih tunggal dapat meningkatkan kualitas sperma. Berkat penelitian inilah bawang putih tunggal juga dipercaya bisa meningkatkan kualitas sperma pada manusia. Dengan begitu, tingkat kesuburan pria pun akan bertambah.

  • Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat bawang putih tunggal dalam menurunkan tekanan darah tinggi juga tidak terlepas dari kandungan allicin yang dimilikinya. Ini karena allicin mampu membuat pembuluh darah di dalam tubuh menjadi rileks, sehingga aliran darah akan lancar dan tekanan darah tinggi berkurang.

Selain itu, agar tekanan darah di dalam tubuh tetap stabil, Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat, berolahraga secara rutin, mendapatkan waktu tidur yang cukup, mengelola stres, dan menghentikan kebiasaan merokok.

  • Menurunkan kadar kolesterol

Tak hanya menstabilkan tekanan darah, kandungan acillin dalam bawang putih, termasuk bawang putih tunggal, juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Namun, studi lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan manfaat bawang putih tunggal dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

  • Mencegah diabetes

Mengonsumsi bawang putih tunggal secara rutin bermanfaat untuk mencegah terjadinya diabetes. Manfaat ini berasal dari kandungan flavonoid dalam bawang putih yang memiliki sifat antidiabetes.

Tak hanya itu, flavonoid dalam bawang putih tunggal juga dikenal dapat mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh agar tetap normal.

  • Menangkal radikal bebas

Radikal bebas merupakan molekul berbahaya yang bisa menyebabkan kerusakan sel di dalam tubuh. Jika terjadi secara terus-menerus, kerusakan sel tersebut dapat memicu terjadinya berbagai penyakit kronis, mulai dari penuaan dini hingga penyakit jantung.

Manfaat bawang putih tunggal dalam menangkal radikal bebas berasal dari sifat antioksidan yang dimilikinya. Hal ini karena antioksidan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel, sehingga Anda terhindar dari penyakit kronis.

  • Menurunkan risiko terjadinya kanker

Manfaat bawang putih tunggal yang tidak kalah penting adalah menurunkan risiko terjadinya kanker. Manfaat ini diperoleh berkat kandungan allicin yang memiliki sifat antikanker sekaligus berperan sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh.

Berkat kedua sifat tersebut, kandungan allicin dalam bawang putih tunggal mampu mencegah pertumbuhan serta penyebaran beberapa jenis sel kanker, seperti kanker payudara, kanker usus besar, kanker pankreas, dan kanker prostat.

**