KENDARI – Jelang agenda Pemilu 2024 partai politik (parpol) mulai memanaskan mesin politik. Misi menang besar di pesta demokrasi tentu telah dimantapkan oleh parpol calon peserta Pemilu.

Hal yang sama telah dilakukan oleh DPD Partai Demokrat Sultra yang bergerak pasca dinyatakan lolos verifikasi administrasi oleh KPU dan menjadi calon partai peserta Pemilu.

Demokrat Sultra langsung membuka pendaftaran bakal calon legislatif (caleg) di seluruh tingkatan dan secara masif.

“Kami membuka pendaftaran caleg dan terbuka untuk siapa saja. Baik itu kader Demokrat, ataupun tokoh-tokoh masyarakat yang niat bergabung dan menjadi caleg baik di DPR RI, DPRD Provinsi, maupun di DPRD Kabupaten dan Kota,” ujar Ketua DPD Demokrat Sultra Muh Endang SA beberapa waktu lalu.

Dia mengungkapkan alasan membuka awal pendaftaran, karena banyak proses yang harus dilalui dan berharap dapat menghasilkan para Caleg yang potensial ke depan.

Menurut Endang, menghadapi Pemilu 2024 segala sesuatunya telah dipersiapkan sedini mungkin agar waktu dapat dimaksimalkan untuk meraih target.

“Target kami adalah mengutus satu anggota DPR RI, tujuh anggota DPRD Sultra dan masing masing dapat meraih satu fraksi di DPRD Kabupaten dan Kota se-Sultra,” timpal Endang.

Saat ini, Demokrat mengantongi 46 kursi legislatif baik di DPRD Sultra maupun DPRD 17 kabupaten/kota.

Mantan Wakil Ketua DPRD Sultra ini menambahkan, Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono telah menugaskan dirinya untuk dipersiapkan maju bertarung memperebutkan kursi DPR RI bersama petahana Rusda Mahmud.

“Untuk saya sebagai Ketua DPD telah diperintahkan untuk maju di DPR RI. Tapi itu tidak jadi soal, mau di DPR RI atau di provinsi itu sama saja. Pastinya seluruh pengurus, kader dan simpatisan Partai Demokrat untuk meraih kursi terbanyak dan memenangkan Pemilihan Presiden,” katanya.

Sementara Pilgub Sultra, Endang menyebut partainya akan memprioritaskan kader Demokrat untuk dicalonkan. **