HaloSultra.com – Menjaga agar anak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup menjadi perhatian utama bagi orangtua.

Namun, ada saat-saat di mana anak mengalami penurunan nafsu makan.

Berikut beberapa tips yang bisa membantu meningkatkan nafsu makan anak secara alami.

  • Jadwalkan waktu makan yang teratur

Menjadwalkan waktu makan yang teratur membantu anak untuk merasa lapar pada waktu yang sudah ditentukan. Atur jadwal makan yang konsisten dan pastikan anak mendapat waktu makan yang cukup.

  • Berikan pilihan makanan yang beragam

Tawarkan makanan yang beragam dan menyenangkan bagi anak. Kombinasi warna, bentuk, dan variasi makanan dapat membuat makanan lebih menarik bagi anak.

  • Libatkan anak dalam memasak

Mengajak anak untuk membantu dalam memasak dapat membuatnya lebih tertarik dengan makanan. Mereka akan lebih tertarik untuk mencoba makanan yang mereka bantu memasak.

  • Jangan memaksa anak untuk makan

Memaksa anak untuk makan justru bisa membuatnya merasa stres dan menolak makanan lebih lanjut. Berikan waktu dan jangan membuat suasana makan menjadi tekanan.

  • Ciptakan suasana yang menyenangkan saat makan

Suasana yang menyenangkan saat makan, seperti menceritakan cerita atau berbicara tentang hal-hal yang disukai anak, dapat membuat anak lebih santai dan lebih tertarik untuk makan.

  • Berikan camilan sehat di antara makanan utama

Camilan sehat antara waktu makan utama dapat membantu anak agar tidak terlalu kenyang saat makan utama tiba. Pastikan camilan tersebut sehat dan mengandung nutrisi yang baik.

  • Hindari minuman sebelum makan

Minuman sebelum makan dapat mengisi perut dan mengurangi nafsu makan anak. Batasi konsumsi minuman sebelum waktu makan.

  • Berikan pujian dan dorongan positif

Berikan pujian ketika anak makan dengan baik atau mencoba makanan baru. Dorong mereka secara positif untuk membangun asosiasi yang baik dengan makanan.

  • Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi

Jika masalah penurunan nafsu makan berlangsung lama atau menjadi keprihatinan, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi. Mereka dapat memberikan saran yang lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan anak.

Meningkatkan nafsu makan anak membutuhkan kesabaran dan pemahaman. Setiap anak memiliki preferensi dan kebiasaan makan yang berbeda.

Dengan memberikan dukungan, variasi makanan yang sehat, dan suasana makan yang menyenangkan, Anda dapat membantu anak untuk tetap mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

**