HaloSultra.com – Meski jam kerja sudah ditentukan oleh pihak perusahaan, banyak orang tetap lembur untuk menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk. Kamu mungkin termasuk salah satunya. Ini bisa terjadi karena manajemen waktumu yang kurang tepat, sehingga banyak pekerjaan yang tidak selesai tepat waktu.

Olehnya itu, manajemen waktu diharapkan mampu membuatmu menuntaskan segala rutinitas, termasuk bekerja, bermain, dan beristirahat.

Dilansir dari Alodokter, berikut ini tips manajemen waktu bagi pekerja kantoran agar tidak mudah stres, sebagai berikut:

  • Kenali Waktu Terbaik untuk Bekerja

Waktu produktivitas setiap orang berbeda-beda. Ada yang bisa bekerja pukul 7 pagi, ada pula yang semangatnya baru membara ketika bekerja di atas pukul 10 pagi. Itulah sebabnya, mengenali waktu terbaik untuk bekerja itu penting agar lebih mudah saat menyusun strategi manajemen waktu.

Dengan begitu, kamu bisa memaksimalkan potensi yang ada dan waktu 24 jam pun tidak akan terbuang percuma.

  • Catat Jadwal Harian

Meski terdengar kuno, mencatat jadwal harian bisa menjadi pondasi manajemen waktu, lho. Sebab, catatan bisa menjadi penanda waktu yang membuat aktivitasmu lebih teratur. Dengan begitu, risiko terjadinya penyakit akibat telat makan atau terganggunya siklus tidur pun dapat dicegah.

Kamu bisa mulai jadwal harian sejak bangun tidur. Jika waktu produktifmu di siang hari, masukkan aktivitas selain pekerjaan kantor, misalnya berolahraga di pagi hari agar tidak menumpuk di waktu sore. Jika kamu termasuk morning person, jadwalkan aktivitas lainnya di sore hari setelah pekerjaanmu selesai.

Namun, jadwal harian ini tidak akan berhasil jika kamu suka menunda-nunda pekerjaan. Jadi, pastikan untuk selalu mengikuti jadwal harian yang kamu rancang sampai selesai.

  • Buat Skala Prioritas

Agar tidak bingung pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu, buatlah skala prioritas.

Misalnya, kamu dihadapkan pada dua tugas, yaitu menyusun materi presentasi yang harus selesai di siang hari dan mengumpulkan data yang harus diserahkan sebelum matahari terbenam. Jika begini, jadikan tugas menyusun materi presentasi sebagai prioritas utama, baru setelahnya mengumpulkan data.

Sebisa mungkin hindari mengerjakan tugas berbeda secara bersamaan, karena bisa membuatmu hilang fokus dan hasilnya kurang memuaskan. Sebagai catatan, dalam menentukan skala prioritas, mulailah dari pekerjaan yang paling mendesak dan penting. Soalnya, pekerjaan mendesak dan penting ini sering kali memicu stres.

  • Batasi Waktu Bermain Gadget

Memainkan gadget terlalu lama bisa membuatmu lupa waktu sehingga tugas menjadi tidak selesai atau tertunda. Akibatnya, kamu mungkin merasa stres karena terburu-buru dalam menyelesaikan tugas tersebut.

Oleh karena itu, batasi waktu bermain gadget, baik bermain game maupun media sosial, di jam kerja. Menurut penelitian, waktu ideal untuk bermain gadget hanyalah 30 menit per hari. Jadi, kamu mungkin bisa membagi waktu bermain gadget selama 10 menit setiap beberapa jam bekerja.

  • Terapkan Teknik Pomodoro

Manajemen waktu dikatakan berhasil apabila seluruh pekerjaanmu tuntas sesuai jadwal. Agar pekerjaan bisa selesai tepat waktu, coba deh terapkan teknik Pomodoro yang diketahui dapat meningkatkan fokus dan produktivitas kerja.

Teknik ini dilakukan dengan bekerja selama 25 menit dan beristirahat selama 5 menit. Jika sudah melewati 4 sesi bekerja, perpanjanglah waktu istirahat menjadi 15–30 menit. Waktu istirahat ini bisa kamu isi dengan melakukan peregangan agar tubuh tetap relaks dan tidak terasa kaku.

**