HaloSultra.com – Memelihara kucing ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Hal ini tentu menjadi kabat baik pecinta kucing atau cat lovers.

Pasalnya, manfaat memelihara kucing untuk kesehatan tubuh juga tak main-main. Hal ini bisa menjadi pertimbangan sebelum mengadopsi kucing untuk menemani keseharianmu.

Dilansir dari Alodokter, berikut ini adalah manfaat memelihara kucing untuk kesehatan tubuh, yaitu:

  • Meredakan Stres

Salah satu manfaat memelihara kucing adalah menurunkan hormon kortisol atau hormon stres. Dengkurannya juga memberimu manfaat, yakni menenangkan saraf dan menurunkan tekanan darah. Makanya, mengelus atau berada di dekat kucing saja kamu akan merasa lebih tenang dan stres pun berkurang.

Manfaat ini juga bisa kamu rasakan saat melihat foto atau video kucing di media sosial. Jadi, kalau belum bisa memelihara kucing, menonton video kucing yang lucu dan menggemaskan sudah cukup membantu meredakan stres.

  • Menjaga Kesehatan Mental

Penelitian menunjukkan bahwa memelihara hewan, seperti kucing, bisa membuat suasana hati jadi lebih baik dan bahkan meningkatkan kesehatan mental. Soalnya, memelihara hewan seperti kucing atau anjing akan meningkatkan kadar hormon oksitosin atau hormon bahagia dalam tubuh.

Satu lagi, memelihara kucing juga bisa mengatasi rasa kesepian dan memberikanmu rutinitas baru setiap harinya, seperti memberi makanan kucing, membersihkan kotorannya, dan mengajak kucing bermain.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Stres yang berlangsung terus-menerus dapat menyebabkan peningkatan detak jantung dan tekanan darah. Hal ini akan berdampak buruk untuk kesehatan jantungmu.

Nah, karena bisa meredakan stres, memelihara kucing bisa membantu mengontrol tekanan darah dan mencegah penyakit jantung. Aktif mengajak kucing bermain dan menemaninya berjalan-jalan juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida, sehingga risiko terkena penyakit jantung pun ikut menurun.

  • Menurunkan Risiko Terjadinya Alergi

Studi menunjukkan bahwa anak-anak yang tumbuh besar bersama hewan peliharaan di rumah, terutama selama tahun pertama kehidupannya, berisiko lebih kecil untuk terkena alergi. Ini karena memelihara kucing bisa membuat imunitas tubuh bekerja lebih baik, sehingga imunitasnya tidak bereaksi berlebihan terhadap hewan peliharaan.

Meski demikian, hal ini bukan berarti semua anak akan bebas dari alergi, ya. Pada kasus tertentu, alergi pada anak masih bisa terjadi terutama jika ia memang punya riwayat keluarga yang alergi terhadap bulu kucing.

Jadi, bila anak kerap mengalami gejala atau reaksi alergi bulu kucing, jangan paksakan diri untuk memelihara kucing.

  • Menurunkan Risiko Terjadinya Asma

Manfaat memelihara kucing yang satu ini mungkin terdengar mustahil. Namun, penelitian yang dilakukan pada bayi yang berisiko terkena asma, misalnya karena memiliki riwayat keluarga dengan asma, justru menunjukkan hasil yang positif.

Bayi yang tumbuh bersama kucing di rumahnya memiliki kemungkinan lebih kecil terkena asma seiring bertambahnya usia. Kendati demikian, perlu diingat juga bahwa manfaat ini tidak berlaku untuk semua anak.

Jika gejala asma anak sering kambuh atau memberat, terutama setelah ia berdekatan atau terpapar dengan kucing maupun bulunya, sebaiknya konsultasikan hal ini kepada dokter.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Satu hal yang perlu diketahui sebelum memelihara kucing, yaitu kamu harus siap untuk mengajaknya bermain karena aktivitas ini sangat penting untuk membuatnya tetap sehat. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengajak kucingmu bermain, mulai dari berjalan-jalan keliling komplek hingga mengejar dan menangkap barang.

Dengan mengajak kucingmu bermain saja, kamu sudah menyumbang aktivitas fisik harian yang berpengaruh terhadap penurunan berat badan.

  • Menjaga Kesehatan Otak

Selain mendukung penurunan berat badan, aktivitas fisik yang dilakukan bersama kucing peliharaan secara rutin juga bisa menjaga kesehatan otak. Aktif bermain bersama kucing akan meningkatkan aliran darah ke otak dan memperbaiki suasana hati, sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikir, daya ingat, dan konsentrasi, serta mencegah pikun.

  • Memiliki Kehidupan Sosial yang Lebih Baik

Karena punya kucing di rumah, kamu mungkin akan jadi sering didatangi oleh teman, saudara, atau kerabatmu yang juga pecinta kucing.

Hal ini bisa membuat kamu memiliki interaksi sosial dan hubungan yang erat dengan mereka, lho. Karena adanya anabul, kamu pun akan lebih banyak bertemu dengan orang lain yang sama-sama menyukai kucing.

**