BUTON – Perangkat Adat Wabula, Kabupaten Buton memberikan dan menobatkan gelar adat kepada Pj Bupati Buton, Basiran sebagai Bhasarapu Wabula.

Prosesi penobatan Bhasarapu Wabula itu ditandai dengan penyematan kampuri oleh Waci, lalu dipakaikan sarung oleh Amanto Imamu Wabula dan dipakaikan jubah oleh Amanto Parabela Wabula.

Pj Bupati Basiran menyampaikan terima kasih kepada masyarakat adat Wabula atas penobatan dirinya sebagai Bhasarapu Wabula.

“Terima kasih kepada masyarakat adat Wabula, Kabupaten Buton, terima kasih juga terkhusus kepada Amanto Parabela, Amanto Imamu dan seluruh perangkat adat,” kata Basiran dalam penyampaiannya dikutip laman Kominfo Buton, Kamis (26/1/2023)

Basiran mengatakan peresmian baruga Galampa Wabula ini adalah merupakan bagian apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Buton terhadap masyarakat adat yang tumbuh dan berkembang yang merupakan karakteristik budaya Buton yang turun temurun dari zaman kesultanan sampai hari ini.

“Baruga ini tentu harus kita pelihara baik-baik,” katanya lagi.

Galampa merupakan tempat musyawarah dalam memutuskan sesuatu hal karna wilayah Wabula itu menjadi wilayah hukum adat yang patut kita lestarikan secara turun temurun.

“Sehingga dimanapun kita berada keturunan adat Wabula mengakui adat masyarakat ini,” katanya menutup penyampaian.

Dalam peresmian Galampa Wabula ini turut hadir hadir Kapolres Buton, AKBP Rudy Silaen; Kepala Kejaksaan Negeri Buton, Lederik V.M Takaendengan; Anggota DPRD, Penjabat Eselon II dan II, Kepala OPD Lingkup Pemda Buton, tokoh adat, tokoh agama dan masyarakat Wabula. **