BAUBAUPresiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi Kesultanan Buton yang dinilai telah mampu memelihara dan menjaga kearifan lokal di tengah modernisasi dan derasnya budaya asing.

Hal itu disampaikan Jokowi ketika memberi sambutan pada Penganugerahan Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Buton yang diselenggarakan di Baruga Keraton Kesultanan Buton, Kota Baubau, Selasa (27/9/2022).

“Saya sangat menghargai dirawatnya, dipeliharanya adat, dipeliharanya tradisi, dirawatnya kearifan-kearifan lokal di Kesultanan Buton ini,” ucap Presiden melalui keterangan resmi Biro Pers, Media dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden (Setpres).

Jokowi mengatakan, meskipun modernisasi, budaya asing terus menggerogoti budaya Indonesia. Namun, Kesultanan Buton tetap mempertahankan adat istiadat, tradisi dan kearifan lokal.

“Tata krama tetap dipelihara dan dirawat di Kesultanan Buton, Sulawesi Tenggara,” puji Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan terima kasih kepada Sultan Buton La Ode Muhammad Izat Manarfa untuk gelar Kesultanan Buton yang diterimanya.

“Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-sebesarnya kepada Yang Mulia Sultan Buton Bapak La Ode Muhammad Izat Manarfa beserta seluruh jajaran lembaga adat Kesultanan Buton yang telah memberikan anugerah gelar kepada saya yaitu La Ode Muhammad Lakina Bhawaangi yi Nusantara,” tutur Presiden. **