KENDARI – Dalam kunjungannya meninjau perkembangan revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memberikan sentilan kepada Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi agar memperbaiki Anjungan Sultra.

Dari video yang beredar, Tito Karnavian menyinggung Anjungan Sultra yang lumayan bagus, namun masi banyak ditemukan kekurangan.

“Brother Ali Mazi saya sudah berada di Anjungan Sulawesi Tenggara, kondisinya lumayan bagus tapi masih banyak kekurangan-kekurangan,” ujar Tito dalam video tersebut.

Mantan Kapolri itu juga menyeru kepada Gubernur Ali Mazi, agar merenovasi anjungan daerahnya itu.

“Jadi tolong Bang Ali Mazi, tolong diperbaiki biar tambah mantap,” sindirnya.

Tito juga menyanjung suami dari Almarhumah Agista itu, dengan perkataan yang halus, namun menusuk hati.

“Ini Pak Mensesneg lagi memperbaiki semua Taman Mini dan Pak Ali Mazi yang ringan saja, cukup anjungannya saja,” pungkasnya.

Menyambung perkataan Mendagri dalam video, Mensesneg Pratikno kembali meminta kepada Ali Mazi agar segera memperbaiki anjungan Sultra.

“Kita sudah perbaiki semuanya, Pak Gub hanya satu ini saja,” katanya.

Ia juga memperingatkan kepada Gubernur Sultra, bahwa TMII akan dikunjungi oleh Presiden RI Joko Widodo.

“Ini minggu depan segera dikunjungi Pak Presiden, jangan malu lah Pak Gubernur,” tandasnya.

Diketahui, video sindiran seperti kepada Gubernur Sultra juga disampaikan Menteri Tito kepada Gubernur Jawa Barat, Gubernur Sumatera Utara. Revitalisasi TMII tersebut demi menjadikan TMII sebagai The Ultimate Showcase of Indonesia.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kadis Kominfo) Sultra, Ridwan Badalla mengatakan, video yang beredar bukan merupakan sentilan ataupun sindiran, melainkan sebagai penyampaian untuk mengingatkan semua Gubernur.

“Wajar, semua Gubernur disampaikan. Itu bukan sindiran, itu penyampaian lewat vlog untuk mengingatkan bahwa anjungan itu mau digunakan untuk kegiatan G20,” tuturnya.

Lelaki yang kerap di sapa RB itu juga menegaskan bahwa anjungan Sultra hanya mengalami kerusakan ringan setara dengan anjungan Jakarta.

“Semua Provinsi memiliki anjungan di Taman Mini, dari hasil survei, anjungan kami perbaikan ringan, termaksud Jakarta saja, perbaikan ringan,” ucapnya.

Ia juga menegaskan, bahwa pihaknya telah mengeluarkan anggaran sebesar 800 juta untuk perbaikan anjungan Sultra.

“Kami dari April sudah siapkan anggaran perbaikan, jadi tidak ada masalah lagi kita,” tutupnya.