JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengadakan kegiatan Indonesia Maju Expo dan Forum 2023 dalam rangka mempromosikan potensi dan produk-produk unggulan daerah di Plaza Selatan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada 1 hingga 4 Juni 2023.

Ajang ini pun tentu tak disia-siakan oleh daerah untuk mempromosikan potensi ungglannya, salah satunya adalah Dinas Pertanian Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Di stand Expo milik Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, Dinas Pertanian memamerkan sejumlah komoditi andalan Kota Lulo.

Diantaranya beras sehat Owoha hingga jagung pulut berwarna ungu.

Kepala Dinas Pertanian, Sahurianto Meronda mengungkapkan komoditi Kota Kendari yang diboyong di Expo dan Forum Indonesia Maju merupakan rekomendasi dari Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu untuk memerkan produk lokal unggulan daeah.

“Produk yang kita pamerkan ini andalan Kota Kendari seperti beras sehat Owoha yang berasal dari area persawahan Amohalo Baruga, ada jagung pulut ungu, salak Kendari, okrah dan produk bawang goreng dari UMKM binaan Dinas Pertanian,” terang Sahurianto, Kamis (1/6/2023) di Jakarta.

Beras sehat Owoha, kata Sahurianto, merupakan hasil pengembangan produk pertanian organik berkelanjutan yang kini sudah menjadi produk beras lokal yang diproduksi di Kawasan Amohalo Kelurahan Baruga, Kecamatan Baruga. Kini pengembangannya sudah memcapai 450 hektar.

“Kalau Salak Kendari dikembangkan petani kita di sekitaran Kebun Raya Kendari dan satu lagi yang lagi kita kembangkan jagung pulut ungu. Sudah kita uji coba pengembangannya di lahan seluas 1,3 hektar. Ke depan kita akan kembangkan lagi hingga 20 hektar, keunggulannya dia sebagai antioksidan dan rendah gula,” jelas orang nomor satu di jajaran Dinas Pertanian tersebut.

Sejauh ini, Pemkot Kendari sangat konsen dan mendukung para petani daerah dalam peningkatan produksi maupun teknologi serapan pertanian yang lebih memudahkan. Dengan harapan menghasilkan komoditi yang berkualitas

“Sebagai pemerintah, kita tentunya terus memberi dorongan support, mulai dari pengelohan kita dukung dengan mesin pertanian. Juga ada bantuan bibit dan fasilitas pemeliharaan melalui pemupukan,” tutup Sahurianto.

Untuk diketahui, Indonesia Maju Expo dan Forum 2023 yang dibuka langsung oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengusung tema tema ‘Bangga, Cinta, dan Pakai Produk Indonesia’.

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 118 peserta pameran dan 1.000 undangan yang terdiri atas perwakilan kementerian/lembaga pusat, pemerintah daerah, BUMN, BUMD, industri strategis nasional, dan dunia usaha swasta nasional.

**