BOMBANA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila tahun 2023, di halaman Kantor Bupati Bombana, Kamis (1/5/2023).

Mewakili Pj Bupati Bombana bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra, Abdul Rahman diikuti Unsur Forkopimda, TNI, Polri, Kejaksaan Negeri Bombana, Satpol PP, OPD dan ASN lingkup Pemkab Bombana dan undangan lainnya.

Membacakan sambutan Presiden Joko Widodo, Abdul Ramhman menyampaikan Upacara Harlah Pancasila ini merupakan momen untuk meneguhkan komitmen agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar berbangsa dan bernegara.

“Kita harus belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme dan konflik sosial. Dengan Pancasila, kita bisa hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan negara ini,” kata Abdul Rahman membacakan sambutan.

“Kita patut berbangga karena Indonesia adalah rujukan masyarakat internasional untuk membangun kehidupan yang damai, adil dan makmur,” katanya lagi.

Abdul Rahman juga mengajak semua untuk menjaga perdamaian, persatuan dan persaudaraan dengan bersikap santun, saling menghormati, saling toleran dan saling bahu membahu bergotong royong demi kemajuan Indonesia.

“Sebagai bangsa Indonesia, tidak ada pilihan lain kecuali kita harus bahu membahu untuk bisa menggapai cita-cita bangsa sesuai Pancasila, menyatukan hati dan pikiran, serta mengerahkan waktu dan tenaga untuk persatuan dan persaudaraan kita,” kata dia.

Pemerintah pasti bertindak tegas terhadap organisasi dan gerakan yang anti Pancasila, anti UUD 1945, anti NKRI dan anti Bhineka Tunggal Ika,” tutupnya.

**/ad