KENDARI – Forum Organisasi Zakat (FOZ) wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) menyelenggarakan Tarhib Ramadan dengan tema “Bersinergi Berdayakan Umat”, pada Minggu (19/3/2023).

Kegiatan tersebut diikuti 4 lembaga zakat dan kemanusiaan yang tergabung dalam Forum Organisasi Zakat (FOZ) Wilayah Sultra, yaitu Dompet Dhuafa, Inisiatif Zakat Indonesia, Baitul Maal Hidayatullah, dan Wahdah Inspirasi Zakat.

Tarhib Ramadhan dilakukan dimulai dari titik point di Tugu Religi Sultra dengan berputar di lokasi masyarakat berolahraga untuk selanjutnya berjalan menuju Masjid Raya Al Kautsar Kota Kendari sebagai titik akhirnya.

Antusias peserta tarhib terlihat memenuhi sepanjang pinggiran jalan, hal ini dilakukan agar memudahkan masyarakat yang melintas untuk mengetahui acara tarhib dan juga pengenalan program-program ramadan dari berbagai lembaga yang tergabung dalam Forum Organisasi Zakat (FOZ) Wilayah Sultra.

Total jumlah peserta yang memeriahkan Tarhib Ramadan adalah 30 orang, yang juga diikuti berbagai komunitas sosial di Kendari, diantaranya Dompet Dhuafa Volunteer, UKM UKKI UHO & Religi Kendari.

Ketua Forum Zakat Wilayah Sultra, Hassan Afif mengatakan, kegiatan Tarhib Ramadan ini pertama kali dilakukan yang bertujuan untuk mengajak dan mengingatkan masyarakat Kota Kendari agar mempersiapkan ramadan dengan sebaik-baiknya.

Kegiatan ini sekaligus juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat bahwa menunaikan zakat juga dapat melalui Lembaga Amil Zakat (LAZ) Nasional yang berada di sulawesi.

“Tarhib Ramadan ini juga sebagai ajang masing-masing lembaga zakat untuk menginformasikan program-program sosialnya yang dilaksanakan selama bulan ramadan. Kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan semangat ramadan bagi masyarakat, utamanya untuk semangat dalam berbagi kepada sesama,” ujar Hassan. **