KENDARI – Hasil survei Script Survei Indonesia (SSI) menempatkan Abdul Razak sebagai calon Wali Kota Kendari dengan elektabilitas tertinggi jika pemilihan Wali Kota (Pilwali) Kendari digelar hari ini.

Direktur Eksekutif SSI, Yuhardin menyebutkan, elektabilitas Abdul Razak itu tertinggi dalam pertanyaan tertutup.

“Abdul Razak menjadi calon Wali Kota yang paling banyak dipilih dengan tingkat keterpilihan sebesar 30,5 persen,” sebut Yuhardin dalam keterangan hasil surveinya yang diperoleh HaloSultra.com, Selasa (7/3/2023).

Di rangking selanjutnya, lanjut Yuhardin, ada Siska Karina Imran (SKI) dengan nilai elektabilitas 19 persen, menyusul Sulkarnain Kadir 17 persen, dan Aksa Jaya Putra (AJP) 8 persen.

Tingkat elektabilitas ini berbeda dari survei sebelumnya yang dirilis oleh Insert Institute di awal Januari 2022 lalu.

Berikutnya ada Fachri Pahlevi Konggoasa dengan tingkat keterpilihan 3 persen, Musaddar Mappasomba 2,5 persen.

Kemudian Sitya Giona Nur Alam dan Ishak Ismail dengan angka keterpilihan masing-masing 1,5 persen, Abdul Rahman dan La Ode Muh. Inarto masing-masing 1 persen, serta Afdhal dan Yudianto Mahardika masing-masing 0,5 persen.

“Sedangkan yang tidak menjawab atau belum memilih ada 13 persen,” demikian Yuhardin.

Survei ini dilakukan pada 21-28 Januari 2023 dengan melibatkan 410 respoden yang tersebar di seluruh kecamatan di Kota Kendari.

Dengan menggunakan metode Multistage Random Sampling pada toleransi kesalahan atau margin of error yang dipakai 4,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. **