KENDARI – Sebagian manusia menginginkan kehidupan yang panjang atau berumur  panjang, tetapi data terhadap rata-rata usia harapan hidup manusia di dunia adalah 71,4 tahun.

Di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sendiri tercatat angka harapan hidup penduduknya berada pada skala 71,37 tahun. Angka ini meningkat setiap tahunnya seiring dengan pertumbuhan pembangunan di wilayah Sulawesi Tenggara.

Berikut, lima wilayah di Sultra dengan angka harapan hidup tinggi atau rata-rata penduduknya sehat dan berumur panjang yang dilansir HaloSultra.com dari data BPS Sultra dilaman sultra.bps.go.id.

1. Kota Kendari
Penduduk Kota Kendari memiliki angka harapan hidup yang cukup tinggi di Sultra, yakni 73,93 tahun.   

2. Kabupaten Kolaka Timur
Dengan jumlah penduduk sekitar 120 ribu jiwa, penduduk Kolaka Timur memiliki umur panjang dengan nilai harapan hidup 72,90 tahun.

3. Kota Baubau
Daerah yang mengunggulkan Benteng Keraton Buton ini memiliki penduduk dengan angka harapan hidup 71,36 tahun.

4. Kabupaten Kolaka
Angka harapan hidup atau jumlah rata-rata umur tertinggi penduduk di Kolaka berada pada deret angka 71,30 tahun.

5. Kabupaten Buton Utara
Berada di lima besar, angka harapan hidup atau rata-rata umur tertinggi penduduk Buton Utara berada pada angka 70,95 tahun.

 

Angka Harapan Hidup

Angka Harapan Hidup atau AHH dapat diartikan sebagai jumlah rata-rata usia yang diperkirakan pada seseorang atas dasar angka kematian pada masa tersebut yang cenderung tidak berubah di masa mendatang.

Angka Harapan Hidup ini digunakan sebagai sarana evaluasi kinerja pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan penduduk pada umumnya di suatu daerah.

Peningkatan Angka Harapan Hidup di Sultra ini tentunya didukung oleh perbaikan kualitas kesehatan penduduk utamanya pada kalangan bayi, balita, serta wanita berusia subur. Tidak hanya itu, lansia pun juga mendapatkan perhatian khusus oleh pemerintah setempat.

Data angka harapan hidup menjadi salah satu acuan dalam merancang program pembangunan kesehatan serta program sosial lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. ***