KOLAKA TIMUR – Plt Bupati Kolaka Timur (Koltim), Abd Azis melantik dan mengambil sumpah 18 kepala desa (kades) terpilih di Kecamatan Lambandia dan Aere, Kamis (2/2/2023).

Turut hadir dalam pelantikan tersebut Ketua DPRD Koltim yang juga Ketua TP PKK Lambandia Suhaemi Nasir, Ketua TP PKK Koltim Hartini Azis, Sekda Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa, anggota DPRD Koltim, pimpinan OPD, Camat Lambandia dan ratusan masyarakat.

Sebanyak 11 Kades terpilih di Kecamatan Lambandia terlebih dahulu dilantik dan diambil sumpahnya di GOR Kecamatan Lambandia yang terletak di Kelurahan Penanggo Jaya.

Usai pelantikan di Lambandia, Plt Bupati dan rombongan menuju Desa Aere, Kecamatan Aere untuk menggelar acara serupa dengan melantik 7 kades terpilih.

Selain pelantikan kades, juga dilakukan pelantikan Ketua TP PKK dari masing-masing desa tersebut. Yang melantik adalah Ketua TP PKK kecamatan atau istri dari camat setempat.

Di Lambandia, TP PKK desa dilantik Ketua TP PKK Kecamatan Lambandia Suhaemi Nasir. Sedang di Aere, TP PKK desa dilantik Ketua TP PKK Kecamatan Aere Rina Iwan.

Dalam penyampaian Plt Bupati di dua kecamatan ini, para kades yang baru saja dilantik dan resmi menjalankan tugas mendapat sejumlah pesan.

Plt Bupati menyampaikan, jika jabatan yang diemban tersebut, hanya ada dua rasa enaknya. Yakni, pada saat dilantik dan terima gaji, selebihnya itu adalah beban atau amanah terpenting yang harus dijalankan.

“Kenapa saya katakan beban berat, karena semua tenaga, fikiran dan waktu kita dicurahkan untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat yang ada didesa masing-masing. Ruang waktu bersama keluarga pasti berkurang. Tapi saya yakin kepada bapak ibu usng dikantik hari ini, mudah-mudahan bisa memberikan pelayanan yang maksimal di desa masing-masing,” ujar Plt Bupati seperti dilansir dari laman resmi Kominfo Koltim.

Menurutnya, kontestasi Pilkades telah berlalu, saatnya kini masuk fase menjaga persatuan kesatuan, kades yang lantik diminta tidak lagi mempertajam perbedaan, namun kesamaan untuk menjadi harmoni buat semua.

“Ada tiga syarat agar daerah atau desa kita harmoni, salah satunya adalah saling mengenal, dan semua yang dilantik hari ini memiliki syarat itu semua. Ingat, modal terbesar kita di Koltim ini, adalah kebersamaan dan persatuan. Bapak ibu, membangun dan menghasilkan SDM itu yang paling sulit, sehingga diperlukan kebersamaan dalam membangun,” harapnya.

Pihaknya pun menyampikan apresiasi kepada semua pihak yang telah terlibat dalam mensukseskan Pilkades, seperti unsur TNI/Polri.

“Sekali lagi, jangan karena jabatan dan status yang kita sandang, membuat kita terlupa diri. Karena sesungguhnya memuliakan masyarakat itulah sesungguhnya amanah dari jabatan ini. Jadikan jabatan ini, sebagai jembatan pelayanan. Layanilah masyarakat dengan maksimal,” pintanya.

Diakhir sambutan, Plt Bupati tak lupa mengingatkan kepada kades untuk segera menyusun RPJMDes serta mengingatkan agar dalam pengelolaan dana desa terkait administrasi jangan diabaikan.

Sementara itu, Ketua TP PKK Koltim dalam pengarahannya, meminta kepada Ketua TP PKK desa, agar dapat menjalankan amanah dengan baik seperti menyukseskan 10 program PKK, dan segera menyusun kepengurusan PKK desa, tanpa mengabaikan kepengurusan yang ada atau terdahulu.

Kepada para kades yang baru, dirinya juga berharap agar memberikan dukungan full terhadap PKK di desanya. Misalnya menyediakan anggaran yang cukup untuk mendukung program tersebut.

Begitupun TP PKK desa, untuk selalu bersinergi menyukseskan program desa, demi mewujudkan GEMAS Koltim yang dicita citakan.

“Saya meminta kepada kepala desa yang baru saja dilantik ini, untuk selalu mendukung semua program PKK yang ada di desanya. Begitupun PKK untuk selalu bersinergi dengan pemerintah desa, guna mewujudkan pemerintahan dan pelayanan yang baim di desa masing-masing,” harapnya. *